MODEL BISNIS
Ringkasan
Model
bisnis adalah gambaran dari sebuah rencana bisnis dengan memikirkan bagaimana
perusahaan akan mendapatkan keuntungan atau pendapat dengan memperhitungkan
semua komponen bisnis. Model bisnis memiliki manfaatnya yaitu:
-
Memudahkan para perencana dan pengambil
keputusan sehingga dapat dihasilkan nilai bagi konsumen dan nilai bagi
perusahaan
-
Dipakai untuk membantu menguji konsistensi
hubungan antar komponennya
-
Membantu menguji pasar dan asumsi yang
digunakan ketika mengemnagkan bisnis
-
Menunjukkan seberapa radikal suatu
perubahan dikarenakan konsekuendinya
Keuntungan dari model
bisnis merupakan:
-
Membantu perusahaan untuk mendapatkan
informasi terkait bagaimana, dimana, dan kapan produk yang dihasilkan akan
berfungsi dengan maksimal
-
Model bisnis yang baik akan melemahkan
kompetitor
-
Merubah kompetitor menjadi sekutu
· Paradikma
Baru
E-business
atau model bisnis sebenarnya tidak jauh beda dengan E-commerce naumun seiring
berjalannya waktu mengikuti teknologi dan kemajuan masa kini perbedaan dari keduanya
memulai bermunculan. E-business lebih meluas dari pada E-commerce.
· Tipologi
Model Bisnis
-
Agora adalah suatu E-business yang
merupakan suatu tempat dimana pembeli dan penjual bertemu untuk melakukan
transaksi
-
Agregasi adalah E-business yang mengganbungkan
(agregasi) beberapa pemasok kedalam satu buah toko online yang nyaman.
-
Aliansi adalah kerjasama beberapa anggota
untuk mencapai tujuan tertentu
-
Rantai Nilai adalah jaringan intergrasi
vertical yang menambah nilai ke input berikutnya
-
Jaringan Distibusi, menyediakaan jasa dan
mendistribusikan dari pada memproduksi dan membeli barang-barang, jasa dan
informasi
· Perubahan
Model Bisnis
Dalam
Perubahan model bisnis disini adalah system atau cara yang digunakan.
Diperubahan model bisnis sekarang lebih canggih yaitu memanfaatkan teknologi
yang ada yaitu dengan jariingan internet. Dimana internet itu sendiri
memperkenlkan perubahan-perubahan utama mengenai cara-cara perusahaan
menjalankan bisnis.
· Pengertian
Nilai
Nilai
dari suatu system informasi bagi suatu bisnis, dan juga keputusan untuk
melakukan investasi dalam system informasi yang baru, sebagaian besar
ditentukan oleh sejauh mana system akan mendorong kearah keputusan manajemen
yang lebih baik, proses bisnis yang lebih efisien dan profitabilitas perusahaan
yang lebih tinggi.
· Trend
Kedepan
1. Pelanggan
-
Pelayanan yang cepat
-
Swalayan
-
Beragam pilihan
-
Solusi terintergrasi
2. E-service
-
Penjualan dan pelayanan
-
Dukungan tanpa cela
-
Jasa pengantaran yang nyaman dan
persyaratan yang fleksibel
-
Meningkatakan keterbukaan proses bisnis
3. Organisasi
-
Pemberdayaan dari laur atau alih daya
-
Kontrak produksi
-
Distribusi virtual
4. Karyawan
-
Memperkerjakan yang terbaik dan terpintar
-
Menjaga karyawan berbakat
5. Teknologi
perusahaan
-
Aplikasi perusahaan yang terintergrasi
-
Intergrasi saluran
-
Aplikasi penghubung
6. Teknologi
umum
-
Aplikasi web nirkabel
-
Aplikasi informasi dan computer tangan
-
Konfergensi infraksturktur
-
Penyedia jasa
· Pengembangan
model bisnis
1. Mengembangkan
model bisnis mulai dari persiapan hingga implementasi
2. Mengikuti
teknologi informasi dan komunikasi yang berpengaruh dalam pengembangan model
bisnis
3. Memperhatikan
faktor saat mendisain situs model bisnis
4. Keuntungan
yang diperoleh bagi pengelola dan pengguna melalui sosial network
5. Menetapkan
model bisnis yang cocok diterapkan
Kesimpulan
Discruption
sama dengan penganggu, itu bukan teori , bercerita mengenai perkembangan
sekarang, kenapa kita harus cepat-cepat berubah sebelum di hadapi. Untuk
menghadapi lawan-lawan yang tidak kelihatan. Topik hari ini nyangkut sama
bukunya. Model bisnis saat ini sangat menarik bercerita tentang model bisnis
yang diprediksi untuk masa depan. Yang menarik dulu itu siaran di televisi kalo
ada pekerjaan kita ketinggalan. Nah sekarang tv kabel sudah membantu jika kita
tidak bs melihat ada sudah dapat di setting untuk dapat menyimpan dan kita
dapat melihat kembali tv tersebut. Di zaman sekarang bisnis berubah secara
cepat, yang sekarang muncul adalah financial technology, muncul dengan
technopreneur yaitu usahawan yang tampil dengan teknologinya. Contohnya adalah
smule kita sekarang bisa karaoke dengan artisnya. Persaingan yang mmuncul bukan
bisnis sejenis lagi akan tetapi model bisnis adalah pesaingnya, semakin hari
semakin tidak terbatas. Kalo sekarang kita tidak mengikuti trend kita akan
ketinggalan. Jadi intinya upgrade segala macem tentang informasi, teknologi dan
lain-lain. Bisnis yang sekarang lebih banyak yang kreatif. Ada istilah no pain
no gain kalo tidak ada penderitaan tidak ada manfaat. Sekarang itu model bisnis
banyak yang kreatif atau industry kreatif. Sekarang liat banyak platform-platform marketplace=tampat lapak
diruang internet. Jadi, sekarang itu ketika mau membuat bisnis konvensional.
Jadi kalo dulu pemasar itu melihat derita kebutuhan konsumen (dulu yang punya
modal yang berkuasa). Manfaat yang diciptakan oleh pemasar masih besar porsinya
dari konsumen(kita dipermudahkan). Kalo sekarang kemudahannya dipakai top up.
Sekarang istilah no pain no gain itu berubah, apa yang diderita oleh konsumen
sekarang porsi konsumen lebih besar daripada produsen, ada agora, agregasi ilmu
gabungan beberapa pemasok, contoh: aliansi,rantai nilai, jaringan distribusi.
Pertanyaan:
- Kelemahan dari model bisnis dilihat dari konsumen dan pembisnis?
-
Pencurian informasi rahasia, dapat mengalami
kerugian yang besar
-
Kehilangan kesempatan bisnis
-
Kehilangan kepercayaan dari para konsumen,
contohnya mie nelongso karena isu-isu yang beredar
-
Gangguan akses ke sumber bagi pihak yang
tidak berhak, contoh hacker
-
Kerugian yang tidak terduga karena ketidakjujuran,
kesalahan system
- Langkah-langkah menjalankan bisnis e-commerce!
-
Perusahaan harus merancang sebuah strategi
awal sebelum terjun langsung ke pasaran
-
Mendefinisikan siapa konsumen akhir
-
Proses perancangan ulang, perusahaan
menghubungan dengan konsumennya. Dengan beranggapan konsumen adalah raja
-
Mempersiapkan infrastruktur
-
Perusahaan membuat konsumen loyal
Komentar
Posting Komentar