MODEL BISNIS



Ringkasan
Model bisnis adalah gambaran dari sebuah rencana bisnis dengan memikirkan bagaimana perusahaan akan mendapatkan keuntungan atau pendapat dengan memperhitungkan semua komponen bisnis. Model bisnis memiliki manfaatnya yaitu:
-          Memudahkan para perencana dan pengambil keputusan sehingga dapat dihasilkan nilai bagi konsumen dan nilai bagi perusahaan
-          Dipakai untuk membantu menguji konsistensi hubungan antar komponennya
-          Membantu menguji pasar dan asumsi yang digunakan ketika mengemnagkan bisnis
-          Menunjukkan seberapa radikal suatu perubahan dikarenakan konsekuendinya
Keuntungan dari model bisnis merupakan:
-          Membantu perusahaan untuk mendapatkan informasi terkait bagaimana, dimana, dan kapan produk yang dihasilkan akan berfungsi dengan maksimal
-          Model bisnis yang baik akan melemahkan kompetitor
-          Merubah kompetitor menjadi sekutu
·   Paradikma Baru
E-business atau model bisnis sebenarnya tidak jauh beda dengan E-commerce naumun seiring berjalannya waktu mengikuti teknologi dan kemajuan masa kini perbedaan dari keduanya memulai bermunculan. E-business lebih meluas dari pada E-commerce.
·   Tipologi Model Bisnis
-          Agora adalah suatu E-business yang merupakan suatu tempat dimana pembeli dan penjual bertemu untuk melakukan transaksi
-          Agregasi adalah E-business yang mengganbungkan (agregasi) beberapa pemasok kedalam satu buah toko online yang nyaman.
-          Aliansi adalah kerjasama beberapa anggota untuk mencapai tujuan tertentu
-          Rantai Nilai adalah jaringan intergrasi vertical yang menambah nilai ke input berikutnya
-          Jaringan Distibusi, menyediakaan jasa dan mendistribusikan dari pada memproduksi dan membeli barang-barang, jasa dan informasi
·      Perubahan Model Bisnis
Dalam Perubahan model bisnis disini adalah system atau cara yang digunakan. Diperubahan model bisnis sekarang lebih canggih yaitu memanfaatkan teknologi yang ada yaitu dengan jariingan internet. Dimana internet itu sendiri memperkenlkan perubahan-perubahan utama mengenai cara-cara perusahaan menjalankan bisnis.
·      Pengertian Nilai
Nilai dari suatu system informasi bagi suatu bisnis, dan juga keputusan untuk melakukan investasi dalam system informasi yang baru, sebagaian besar ditentukan oleh sejauh mana system akan mendorong kearah keputusan manajemen yang lebih baik, proses bisnis yang lebih efisien dan profitabilitas perusahaan yang lebih tinggi.
·      Trend Kedepan
1.      Pelanggan
-          Pelayanan yang cepat
-          Swalayan
-          Beragam pilihan
-          Solusi terintergrasi
2.      E-service
-          Penjualan dan pelayanan
-          Dukungan tanpa cela
-          Jasa pengantaran yang nyaman dan persyaratan yang fleksibel
-          Meningkatakan keterbukaan proses bisnis
3.      Organisasi
-          Pemberdayaan dari laur atau alih daya
-          Kontrak produksi
-          Distribusi virtual
4.      Karyawan
-          Memperkerjakan yang terbaik dan terpintar
-          Menjaga karyawan berbakat
5.      Teknologi perusahaan
-          Aplikasi perusahaan yang terintergrasi
-          Intergrasi saluran
-          Aplikasi penghubung
6.      Teknologi umum
-          Aplikasi web nirkabel
-          Aplikasi informasi dan computer tangan
-          Konfergensi infraksturktur
-          Penyedia jasa
·      Pengembangan model bisnis
1.      Mengembangkan model bisnis mulai dari persiapan hingga implementasi
2.      Mengikuti teknologi informasi dan komunikasi yang berpengaruh dalam pengembangan model bisnis
3.      Memperhatikan faktor saat mendisain situs model bisnis
4.      Keuntungan yang diperoleh bagi pengelola dan pengguna melalui sosial network
5.      Menetapkan model bisnis yang cocok diterapkan

Kesimpulan
Discruption sama dengan penganggu, itu bukan teori , bercerita mengenai perkembangan sekarang, kenapa kita harus cepat-cepat berubah sebelum di hadapi. Untuk menghadapi lawan-lawan yang tidak kelihatan. Topik hari ini nyangkut sama bukunya. Model bisnis saat ini sangat menarik bercerita tentang model bisnis yang diprediksi untuk masa depan. Yang menarik dulu itu siaran di televisi kalo ada pekerjaan kita ketinggalan. Nah sekarang tv kabel sudah membantu jika kita tidak bs melihat ada sudah dapat di setting untuk dapat menyimpan dan kita dapat melihat kembali tv tersebut. Di zaman sekarang bisnis berubah secara cepat, yang sekarang muncul adalah financial technology, muncul dengan technopreneur yaitu usahawan yang tampil dengan teknologinya. Contohnya adalah smule kita sekarang bisa karaoke dengan artisnya. Persaingan yang mmuncul bukan bisnis sejenis lagi akan tetapi model bisnis adalah pesaingnya, semakin hari semakin tidak terbatas. Kalo sekarang kita tidak mengikuti trend kita akan ketinggalan. Jadi intinya upgrade segala macem tentang informasi, teknologi dan lain-lain. Bisnis yang sekarang lebih banyak yang kreatif. Ada istilah no pain no gain kalo tidak ada penderitaan tidak ada manfaat. Sekarang itu model bisnis banyak yang kreatif atau industry kreatif. Sekarang liat banyak  platform-platform marketplace=tampat lapak diruang internet. Jadi, sekarang itu ketika mau membuat bisnis konvensional. Jadi kalo dulu pemasar itu melihat derita kebutuhan konsumen (dulu yang punya modal yang berkuasa). Manfaat yang diciptakan oleh pemasar masih besar porsinya dari konsumen(kita dipermudahkan). Kalo sekarang kemudahannya dipakai top up. Sekarang istilah no pain no gain itu berubah, apa yang diderita oleh konsumen sekarang porsi konsumen lebih besar daripada produsen, ada agora, agregasi ilmu gabungan beberapa pemasok, contoh: aliansi,rantai nilai, jaringan distribusi.


Pertanyaan:
  1. Kelemahan dari model bisnis dilihat dari konsumen dan pembisnis?
-          Pencurian informasi rahasia, dapat mengalami kerugian yang besar
-          Kehilangan kesempatan bisnis
-          Kehilangan kepercayaan dari para konsumen, contohnya mie nelongso karena isu-isu yang beredar
-          Gangguan akses ke sumber bagi pihak yang tidak berhak, contoh hacker
-          Kerugian yang tidak terduga karena ketidakjujuran, kesalahan system
  1. Langkah-langkah menjalankan bisnis e-commerce!
-          Perusahaan harus merancang sebuah strategi awal sebelum terjun langsung ke pasaran
-          Mendefinisikan siapa konsumen akhir
-          Proses perancangan ulang, perusahaan menghubungan dengan konsumennya. Dengan beranggapan konsumen adalah raja
-          Mempersiapkan infrastruktur
-          Perusahaan membuat konsumen loyal


Komentar

Postingan Populer