Sistem Pendukung Pengambilan Keputusan
Ringkasan
Manajer
membuat beragam keputusan dalam proses penyelesaian suatu masalah. Dalam
menyelesaikan masalah, manajer menggunakan empat aktivitas seperti intelijen,
perancangan, pemilihan, dan pengajian. Tujuan dari mengambil cara pandang
sostem adalah memberikan kesempatan kepada organisasi untuk bekerjaa sebagai
system yang efektif dan efisien. DSS pertama kali dirancang sebagai satu cara
untuk menyelesaikan masalah yang telah menyulitkan pemrosesan komputer pada
awal tahun 1970-an. Program ini ditunjukkan untuk membantu manajer untuk
menyelesaikan masalah yang semiterstruktur. Kemudian, DSS diperluas sehingga
mencakup pemrosesan secara kelompok.
Permodelan dapat memberikan pengalaman pembelajaran, memberikan
pertimbangankan sejumlah besar alternatif, memprediksi masa depan, dan
memungkinkan beberapa masalah untuk membuat suatu model yang kompleks. Lembar
matematika yang tinggal dibutuhkan untuk membuat suatu model dengan ukuran yang
cukup besar. DSS adalah cara yang sesuai untuk menutup pembahasan tentang SIM.
DSS ditunjukkan untuk memperbaiki fokus upaya-upaya SIM dan telah menjadi
aplikasi komputer baru untuk pendukung pemecahan masalah, dari semua upaya yang
dilakukan untuk menerapkan komputer dalam dunia bisnis sebagai suatu system
informasi.
Kesimpulan
Waktu jaman
dulu LCD sama laptop belum muncul, kebanyakan masih menggunakan OHP, Pada saat
itu masih menggunakan disket. Setelah itu menggunakan CD RW setelah itu baru
muncul Flash Disk yang memiliki ruang
simpan 125 Mb. Setelah munculnya Flash Disk yang memiliki ruang simpan 125 Mb muncul
lagi Flash Disk yang memiliki ruang simpan 256 Mb kemudian muncul lagi Flash
Disk yang memiliki ruang simpan lebih besar lagi yaitu 512 Mb. Seiring
berjalnnya waktu sampai saat ini kecepatan informasi sangat berkembang, kita
tidak bisa mengatakan informasi jangan terlalu cepat, kita yang harus
beradaptasi terus sampai hari ini. Banyak industry memunculkan keungulannya
masing-masing. Kaitannya dengan topik hari ini dalam pengambilan keputusan
semuanya serba gampang, tinggal manusianya. Dalam pengambilan keputusan sangat
dibantu oleh teknologi akan tetapi teknologi harus dikendalikan oleh manusia.
Tadi sudah disampaikan tim memang dengan era pengembangan teknologi sangat
membantu, ketika pak ardian menyuruh membuat peta konsep sekarang dengan mudah
sekali untuk membuatnya, artinya kalian itu cepat memahami informasi yang
berkembangsekarang ini seperti contohnya menggunakan presentasi dengan PPT,
aplikasi baru bagi yang menggunakan cara yang baik dapat dilakukan modifikasi,
intinya gunakan kreatifitas untuk melakukannya. Orang pintar aja gak cukup,
orang itu harus kreatif. Jadi mata kuliah ini memang tidak ada prakterk, tapi
yang terpenting adalah kalian tau tentang konsepnya. Ilmu kita adalah manajemen
menggunakan hal-hal itu untuk menentukan logika bermain. Intinya bagaimana cara
mengkombinasikan satu dengan yang lain. Banyak perusahaan yang menjangkau konsumen
dibuat untuk ikut terlibat di dalamnya, konsumen yang menginvestasi dirinya
sendiri, perusahaan konvensional itu jarang skali, sekarang lebih serig
menggunakan e-banking. Jadi memang dalam pengambilan keputusan teknologi sangat
membantu, tapi manusia menjadi ujung tombaknya, kalau manusia tidak kreatif
akan terjadi penipuan. Jika di dalam perusahaan sebelum menggunakan alat
pengambilan keputusan kenali dulu masalanya. Banyak perusahaan sekarang
menggunakan system dan aplikasi yang mendukung diperusahaan besar, tapi alat
yang diciptakan itu berbeda-beda. Ketika kalian menggunakan blog dan memosting
posting disana beda-beda, nah itu lo pola pikir yang perlu diubah. teori itu
harus bisa diterapkan di dunia nyata.
Pertanyaan
- Contoh perusahaan yang menggunnakan DSS di Indonesia?
Adalah system berbasis computer, banyak sekali perusahaan yang ada.
Hypermart ada yang nama buah dan sayur, dia adalah perusahaaan ritell banyak
sales girl. Jika buah dan lain-lain adalah produk hypermart sendiri. Ada system
buah dan sayur disortir buah yang masih bagus dan bisa dikonsumsi harus
pintar-pintar memilih, lalu diolah sendiri, mereka harus memasukkan data itu
ada kode masing-masing. Jika ada 27 jenis manga, kodenya juga harus tau setiap
masing masing jenis manga. Dari prosesing tadi buah-buah yang diambil itu
ditimbang ketika prosesing sudah dimulai. Ketika prosesing selesai lalu akan
diinput, dideteksi dimasukan dengan kode masing-masing, dibagian kantor dengan
beberapa computer. Gunanya untuk system pendukung keputusan, nanti ketika
manajer memiliki sebuah masalah itu bisa mencocokan. Jadi perusahaan adalah
hypermart data yang keluar dan data yang masuk menggunakan aplikasi.
- Jelaskan maksud dari permodelan matematika? Berikan kelebihan dari setiap permodelan?
Pemograman matematika dalah pemodelan abtraksi yang mewakili segala
aktivitas yang disebut entitas untuk menyederhanakan masalah. Kelebihannya
yaitu, proses pemodelan dapat menjadi pengalaman bagi manajer, majaer akan
selalu mempelajari sesuatu yang baru mengenai system. Dengan memlalui system
setiap proyek pemodelan, menghemat waktu dan uang, seperti yang telah dibahas
sebelumnya memberi kemampuan prediksi, pandanga atau arah ke masa depan yang
tiddak bisa diberikan oleh metode yang lainnya. Permodelan itu berhubungan dengan
perhitungan yang dilakukan oleh perusahaan, jika perusahaan menggunakan
aplikasi perhitungan. Memiliki kelebihan yaitu:
-
Fisik
Seperti buat prototypenya buat pesawat terbang buat skala kecilnya
dulu, membuat dalam skaal kecil akan dilihat apa sih krangnya. Itu kelebihannya
-
Narrative
Lebih mudah dipahami karena akan menjelaskan tentang kelebihan dan
kekurangan produknya
-
Grafis
Seperti grafik atau symbol dalam data perusahaan lebih nyaman
menggunakan data yang sudah diolah kita bisa tau untuk mempermudah menganalisis
-
Matematis
Itu tentang perhitungan, contohnya adalah EOQ. Dengan perhitungan kita
bisa tau jawaban yang pasti.
- Pemodelan matematika menggunakan lembar kerja elektronik tolong dijelaskan!
Penggunaan lembar kerja elektroniknya, bisa ditemukan ketika menaikkan
harga Ms. Exl. klo model lembar kerja
elektronik itu adalah jenis dari permodelan.
Komentar
Posting Komentar