BAB III MENGGUNAKAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM MENJALANKAN PERDAGANGAN ELEKTRONIK (E-COMMERCE)
BAB III
MENGGUNAKAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM MENJALANKAN PERDAGANGAN ELEKTRONIK (E-COMMERCE)
Ø Perdaganagna Elektronik
1. E-commerce diluar batas Perusahaan
E-commerce dibedakan menjadi dua jenis:
- E-commerce bisnis ke konsumen (Business to Consumer-B2C) merupakan pada transaksi-transaksi yang terjadi antara sebuah bisnis dan konsumen akhir produk.
- E-commerce bisnis ke bisnis ( Business to Business- B2B ) mengacu pada transaksi antar bisnis dimana tidak ada pihak yang menjadi konsumen akhir.
2. Manfaat-manfaat yang diharapkan dari E-commerce
Perusahaan melaksanakan E-commerce untuk dapat mencapai kebaikan organisasi secara keseluruhan kebaikan. Perbaikan ini diharapkan merupakan hasil dari tiga manfaat yaitu:
- Perbaikan pelagan sebelum, selama, dan setelah penjualan
- Perbaikan hubungan dengan pemasok dan komunitas keuangan
- Peningkatan imbal hasil ekonomis atas pemegang saham dan investasi pemilik.
Manfaat-manfaat diatas memberikan kontribusi pada stabilitas data keuangan perusahaan dan memungkinkannya bersaing dengan lebih baik didalam dunia bisnid yang semakin luas menerapkan teknologi komputer.
3. Kendala-kendala E-commerce
Kendala-kendala E-commerce memiliki tiga kendala yaitu:
- Biaya yang tinggi
- Kekawatiran masalah keamanan
- Peranti lunak yang belum mapan atau belum tersedia
Masing-masing kendala diatas akan semain tertantang seiring dengan semakin populersnya teknologi dan sistem informasi.
4. Ruang lingkup E-commerce
E-commerce menyumbang hamper $1,7 triliun untuk aktivitas perekonomian di Amerika Serikat selama tahun 2003. E-commerce telah mencapai tingkat pertumbuhan tahunan lebih dari 15% setiap tahunnya selama 5 tahun terakhir. Tingkat pertumbuhan ini dapat mengalami perlambatan pada waktu tertentu, tetapi kemungkinan akan terus berlanjut selama beberapa tahun mendatang.
5. Jalan menuju E-commerce
Rencana bisnis strategis akan membakukan komitmen untuk menggunakan E-commerce guna meraih keunggulan kompetitif. Perusahaan pertama-tama harus memperoleh kecerdasan bisnis sehingga perusahaan tersebut akan dapat memahami peranan potensial yang akan dimainkan oleh masing-masng unsure lingkunagan.
Ø Intelegensi Bisnis (BussinesIntelligence)
Intelegensi bisnis adalah aktivitas pengumpulan informasi mengenai unsur-unsur didalam lingkungan yang berinteraksi dengan perusahaan.
1. Basis data eksternal
Peusahaan menggunakan basis data untuk mendapatkan kercedasan bisnis karena ia lebih murah dari pada meneliti beragam jenis sumber informasi
2. Mesin Pencari
Suatu mesin pencari (Searh Engine) adalah suatu program komputer khusus menanyakan satu kata atau kelompok kata kepada pengguna untuk dicari. Program ini kemudian mencari situs web di internet untuk melihat apakah kata atau kata-kata tersebut terdapat situs-situs web tersebut.
Ø Strategi E-commerce dan sistem interorganisasional
Strategi yang paling disebut-sebut adalah strategi dimana unsure-unsur yang ada di kaitkan dengan transmisi data elektronik. Nama yang diberikan untuk strategis ini adalah sistem interorganisasional (interorgazational system-IOS). Kedua istilah diatas sering kali saling bertukar penggunaan, tetapi jika ditarik satu garis perbedaan, EDI dianggap sebagai sub kumpulan dari suatu sistem interorganisasional. Cara untuk mendapatkan suatu sistem interorganisasional ekstranet yang serupa dengan internet tetapi terbatas hanya untuk mitra bisnis yang terpilih dan terpercaya dibeberapa organisasi mulai menggunakan EDI.
Ø Sistem interorganisasional
· Manfaat IOS
Sekutu dagang dapat memasuki suatu kerja sama IOS dengan harapan akan dapat mereaksasikan dua manfaat penting, yaitu efisiensi komperatif dan kekuatan penawaran.
- EDI
EDI merupakan teknologi yang lebih lama. Ia tetep penting karena memfasilitasi sebagaian besar mayoritas perdagangan B2B.
1. Ekstranet
Ekstranet (extranets) adalah cara lain dari membuat suatu IOS. Cara ini memungkinkan dibaginya informasi berbasis komputer yang sensitive dengan perusahaan lain dengan menggunakan teknologi informasi yang dihubungkan dengan internet. Ekstranet menggunkan internet untuk komunikasi dan browser standar web untuk menavigasi situs dan bertukar data.
2. Sekutu-kutu bisnis proaktif dan reaktif
Ketika sebuah perusahaan memutuskan untuk menerapkan IOS, perusahaan tersebut dapat melakukannya dalam cara proaktif atau reaktif. Sponsor IOS pada umumnya mengambil pendekatan proaktif, merangsang minat akan IOS dan mendorong partisipasi didalam jaringan. Pada umumnya merespon dengan cara yang reaktif, menerima atau menolak penawaran sponsor untuk menerapkan IOS.
3. Pengaruh penerapan
Pengaruh penerapan dibagi menjadi empat, yaitu:
o Tekanan kompetitif
o Penggunaan penguasaan
o Kebutuhan internal
o Dukungan manajemen puncak
4. Manfaat-manfaat tidak langsung IOS
Manfaat-manfaat tidak langsung IOS dibagi menjadi enam, yaitu:
o Mengurangi kesalahan
o Menurunkan biaya
o Meningkatknya efisiensi operasional
o Meningkatkannya kemampuan untuk bersaing
o Memperbaiki hubungan dengan sekutu dagang
o Memperbaiki layanan pelanggan
Ø Strategi B2C untuk E-commerce
1. Produk-produk digital
2. Produk-produk fisik
3. Pemerintahan elektronik
Ø Langkah E-commerce beikutnya
1. Perdagangan bergerak
2. Nirkabel berkelas disemua tempat
Ø Menggunakan internet
o World wide web
o Internet
o Cyberspace
o Super highway informasi
Ø Sasaran keberhasilan penggunaan internet
1. Pastikan situ web anda kuat
2. Pastikan browser dan struktur basis data fleksibel maupun intuitif
3. Menekankan isi
4. Sering diperbarui
5. Melihat diluar pelanggan
6. Dll
KESIMPULAN
Didalam perusahaan pada umumnya menerapakan e-commerce dengan maksud untu memperbaiki layanan pelanggan, mempererat hubungan dengan pemasok dan komunitas keuangan, dan meningkatkan imbalan hasil kepada pemegang saham. E-commerce dibagi menjadi dua yaitu E-commerce B2B dan E-commerce B2C, E-commerce B2B merupakan kekuatan pendorong transaksi bisnis yang signifikan dab sedang berkembang. Sedangkan E-commerce B2C hanya menyumbang sekitar dua persen dari seluruh penjualan ritel. Perusahaan menggunakan internet dalam banyak hal memiliki arti pentinh karena memungkinkan para pengguna yang dipercaya diluar batas organisasi untuk mengakses program dan data pada jaringan organisasi. Peritel dapat mempergunakan internet untuk mempromosikan produk-produk. Hampir semua perusahaan dapat menggunakan internet untuk mendukung proses-proses yang dimiliki.
Pertanyaan!
1. Jelaskan sasaran-sasaran pengguna internet!
a. Pastikan situs wab anda kuat. Berarti situs web harus menduduki tingkat teratas saat pencarian, sehigga dapat memudahkan pencarian yang akan mengakibatkan web anda sering dikunjungi. Hal ini akan dapat mempermudah permasaran yang kita lakukan guna meningkatkan penjualan.
b. Pastikan browser dan struktur basis data anda fleksibel maupun invitif yaitu dengan memakai perintah agar simple dan menarik. Perintah yang simple dan menarik perlu diterapkan dengan tujuan untuk memudahkan para pengguna.
c. Menekankan isi yaitu focus pada pokok bahasan serta tidak menggunakan bahasa yang berbelit-belit dan jangan sampai kita melupakan sasaran utama dalam menyediakan informasi.
d. Sering diperbaui yaitu memperbarui tentang hal-hal apa saja yang berkaitan dengan bisnis yang dijalankan guna menarik sekutu bisnis dan pelanggan untuk selau datang kembali.
e. Melihat diluar pelanggan dengan membuat instagram, twitter, facebook, youtube, dll, untuk memperbaiki komunikasi dengan seluruh unsure lingkunagn usaha, dan tidak menutup keungkinan pesaing juga akan melihatnya.sehingga kesempatan ini digunakan untuk mencapai keunggulan kompetitif untuk menarik sekutu bisnis dan pelanggan.
f. Tunjukan isi pada kebutuhan spesifik pengguna yaitu dengan melihat ketertarikan konsumen akan bisnis yang dijalankan, para pelaku bisnis seharusnya menyesuaikan kebutuhan webnya untuk konsumen. Salah satu caranya dengan mendorong pengunjung untuk mendaftarkan nama, alamat, dan minat mereka pada situs anda. Serta menggunkan infprmasi ini untuk menyesuaikan halaman situs.
g. Menjaikan internet infitive, yaitu membuat tampilan yang menarik pada halaman web dan tidak kebanyakan menggunakan tampilan grafik yang dapat memperlambat tampilan web. Rancangannya harus dibuat melalui sudut pandang pengguna, bukan dari sudut pandang perusahaan guna menarik minat konsumen untuk mengunjungi web.
h. Berada dilokasi yang tepat, yaitu webnya dengan mengiklankan web kita di youtube yang sesuai dengan pasar sasaran.
i. Ciptakan rasa kebersamaan, yaitu mlibatkan pelanggan dalam memberikan sasaran, keluhan, dan lain-lain dengan menggunakan fitu-fitur interaktif web, serta sistem papan bulletin dan email.
j. Carilah bantuan jika anda membutuhkannya yaitu jika pelaku bsnis membuat situs web yang menarik, maka sebaiknya mencari jasa web developer untuk membuatkan web pada pelaku bisnis yang menarik dan invitif.
2. Bagaimana cara mengatasi jaringan internet yang lemot?
a. Dengan menggunakan script yang simple. Contohnya, memangkal script perintah untuk mengeklik satu link ke link berikutnya tanpa menggunakan internet, bisa juga dengan menggunakan tampilan yang ringan dengan aplikasi kompres data.
b. Dengan berselancar di dunia maya, entah itu membaca artikel, membaca berita, mengunduh file, ataupun berbelanja online anda bisa menggunakan aplkasi browser dengan tingkat kemampuan komperasi data yang tinggi, sehingga bisa menjelajahi internet dengan cepa dan itit pemakaian.
Komentar
Posting Komentar