BAB V SUMBER DAYA KOMPUTASI DAN KOMUNIKASI

BAB V
SUMBER DAYA KOMPUTASI DAN KOMUNIKASI
PERANTI KERAS
1.      ProsesorProsesor (yang disebut pula sebagai unit pemrosesan pusat atau central processing unit –CPU) adalah tempat dimana pemrosesan data dilakukan. Intel, advanced Micro Devices, Cviex, Motorola, dan perusahaan-perusahaan lainnya.
2.      MemoriMemori disimpan disebuah komputer dengan dua cara, memori dan penyimpan memori yang disebut juga ruang penyimpanan primed atau random access memori (RAM), mengacu pada area penyimpanan yang terdapat pada papan sirkuit komputer. Memori adalah barang yang rentan karena isinya akan hilang ketika daya komputer akan dimatikan.
3.      Ruang penyimpanan
Ruang penyimpanan untuk komputer muncul dalam banyak bentuk media yang berbeda, yang masing masing memiliki karakteristik yang berbeda yang menjadikannya lebih sesuai untuk tugas-tugas tertentu. Ruang penyimpanan dapat berbentuk tetap atau dapat dilepas. Ruang penyimpanan tetap adalah ruang penyimpanan yang dipasang secara permanen di komputer, contohnya hard drive. Sedangkan penyimpanan yang dapat dilepas contohnya seperti diskflash drive USB, CD, dll.
4.      Alat-alat input
Data yang diterima dari manusia, input yang diisi oleh seseorang yang mengetik pada sebuah keyboard, menekan mouse, menyentuh monitor, berbicara ke mikrofon, atau interaksi lain yang serupa.  Input yang diterima dari manusia sangat penting karena memberikan satu mekanisme langsung bagi pengguna untuk mengendalikan komputer.
5.      Alat-alat output
Dua alat output yang paling dikenal adalah monitor dan printer. Gambar pada layar komputer sangat dipengaruhi oleh resolusi layar yang mengacu pada jumlah pixsel, titik cahaya yang terdapat pada monitor yang ditampilkan pada layar. Printer juga memiliki keungguan yang serupa dengan monitor. Perubahan-perubahan penting printer terjadi dalam bidang resolusi pencetakan, kecepatan percetakan dan warna. Printer menggunkan laser atau tinta.
6.      Multimedia
Evolusi utama alat input dan output adalah menuju ke arah multimedia, penggunaan lebih dari satu media pada saat yang sama. Sebagai besar pengguna komputer tidak akan mendapat akses atas sistem informasi berbasis komputer jika tidak tersedia multimedia


ALAT-ALAT KOMPUTASI PRIBADI
1.      Telepon seluler dengan pesan dan video interaktif
Perusahaan-perusahaan pembuat telepon seluler populer telah membuat telepon yang menampilkan pesan tulisan dan gambar-gambar berukuran kecil dilayar tampilnya. Beberapa telepon seluler dapat menyimpan video-video pendek. Keypad telepon menjadi alat input, telepon seluler memiliki kapasitas komputasi yang mendasar saja, dan keypad serta layar tampilannya seluler bertindak sebagai alat input dan output.
2.      Telepon seluler cerdas
Telepon seluler dianggap sebagai telepon cerdas atau smart phone ketika menjalankan pekerjaan-pekerjaan yang biasanya dihubungkan dengan komputer mikro. Telepon ini memiliki fitur-fitur agenda dan daftar kontak. Ia juga menawarkan akses web dan sebauh keyboard. Yang dapat membedakan smart phone adalah bahwa ia dapat mensikronisasikan seluruh informasinya.
3.      Jaringan rumah
Jaringan komputer rumah telah sama populernya seperti perusahaan TV kabel dan perusahaan telepon yang memasarkan modem untuk koneksi internet. Perusahaan telepon menjual modem DSL (digital subscriber line). Baik modem kabel maupun DSL dapat membawa akses internet berkecepatan tinggi kerumah.
4.      Keamanan komputasi rumah
Keamanan komputasi rumah memiliki tiga aspek keamanan memiliki arti yang penting bagi komputer mikro yang digunakan dirumah dan ditempat kerja. Seperti update sistem operasi, virus dan spyware. Meng-update sistem operasi penting untuk keamanan dan efisiensi. Keamanan adalah kepentingan utama, namun efisinesi hendaknya tidak diabaikan. Hampir setiap hari terdapat satu jenis peranti keras baru yang harus dibuat atau diperbaiki.
PERANTI LUNAK
1.      Peranti lunak system
Peranti lunak sysem atau disebut juga pernati lunak sisn\tem operasi, menjalankan tugas-tugas mendasar yang dibutuhkan oleh seluruh pengguna dari satu komputer tersebut. Tugas-tugas ini berhubungan dengan pernati keras dan bukan dengan aplikasi yang dikerjakan oleh perusahaan atau pengguna.

2.      Peranti lunak aplikasi
-    Peranti lunak aplikasi siap pakai
Pengguna dapat menggunakan peranti lunak yang telah dikembangkan oleh program-program yang berpengalaman tanpa harus memperkerjakan programer sendoro atau belajar bagaimana cara membuat program. Peranti lunak siap pakai memiliki dua keuntungan penting yaitu:
·         Peranti lunak siap pakai telah langsung tersedia, bisnis tidak harus menunggu programmer mengembangankannya selama tiga minggu atau enam bulan.
·         Peranti lunak siap pakai lebih murah daripada peranti lunak khusus.

-    Peranti lunak aplikasi khusus
Peranti lunak yang ditulis secara khusus jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan yang terdapat pada tahun 1960-an dan 1970-an, ketika komputer pertama kalinya populer dibidang bisnis. Biaya sumber daya komputasi telah turun hingga ke titik dimana sebuah komputer mikro memiliki kelenhkapan sangat baik.

-    Peranti lunak yang ditulis oleh pengguna
Penggunaan akhir membuat peranti lunak aplikasi dalam jumlah signifikan yang dapat mereka pergunakan dalam tugas-tugas pekerjaannya. Faktor-faktor yang membuat pengguna akhir membuat aplikasi mereka sendiri adalah kecepatan kapan aplikasi tersebut dibutuhkan tingkat kerumitan aplikasi, dan kemudahan penggunaan paket peranti lunak.

3.      Peranti lunak yang mudah digunakan pengguna
Peranti luanak yang mudah digunakan berarti bahwa aplikasi tersebut telah dibuat dengan saksama sehingga berbagai bakat dab keahlian yang memiliki oleh rentang pengguna yang luas dapat diakomodasi. Membuat peranti lunak yang mudah digunakan jauh lebih sulit daripada membuat peranti lunak yang programmer friendly.
Karakteristik aplikasi yang mudah digunakan:
-     Dialog yang dipandu untuk mengarahkan pengguna sehubungan dengan data apa yang dibutuhkan, format data yang diminta, dan masalah-masalah lain yang serupa.
-     Menu, daftar perintah dengan kangkah-langkah yang ditampilkan ke bawah, dan icon banyak cara untuk menyelesaikan tugas yang sama memberikan panduan kepada pengguna yang mahir mengambil jalan singkat untuk menyelesaikan tugas
-     Pola dan formulir-formulir isian
-     Bantuan yang sensitif pada konteks
-     Antarmuka berbentuk grafis dengan menggunakan simbol-simbol terstandar. Pengguna hendaknya tidak diharapkan untuk mempelajari icon-icon baru ketika setiap aplikasi ditulis.
KOMUNIKASI
1.      Koneksi publik
Pengguna sistem telepon tetap dapat memahami komunikasi bahkan ketika saluran tersebut memiliki suara statis atau suara berdengung, sedangkan komputer membutuhkan koneksi yang sangat dapat diandalkan. Protokol-protokol untuk sistem telepon publik direncanakan untuk memenuhi kriteria minimum tranmisi suara, tranmisi analog bermutu rendah, dan kualitas yang dibutuhkan untuk komunikasi data secara signifikan lebih rendah daripada yang dibutuhkan.
2.      Seluler pribadi
Komunikasi membutuhkan adanya satu titik ke titik yang lainnya. Terdapat kemungkinan jalur yang akan melintas jaringan. Saluran pribadi adalah suatu sirkuit yang selali terbuka untuk lalu lintas komunikasi. Saluran pribadi yang ditujukan untuk digunakan disediakan oleh penyedia layanan umum yang umum yaitu perusahaan telepon. Terdapat dua jenis saluran pribadi yang populer yaitu saluran T-1 dan T-3. Saluran T-1 memiliki kecepatan transmisi maksimum sedikit diatas 1,5 Mbps, sedangkan saluran T-3 dapat mentransfer data pada kecepatan 43 Mbps.
3.      Jaringan pribadi maya
Untuk mengimpementasikan jaringan pribadi maya, organisasi perlu mengadakan kontrak dnegan penyedia layanan internet yang menggunakan peranti lunak tunneling. Peranti lunak tunneling sebenarnya hanya menciptakan seperangkat lokasi-lokasi perantara peralatan telepon yang akan menyelenggarakan transfer komunikasi data tertentu. Privasi tetap terjaga karena tunnel tersebut tidak dibuat kecuali jika komputer pengirim dan penerima saling menginfirmasikan kebenaran masing-masing.
4.      Komunikasi – jaringan
Selain standar bagi arsitektur jaringan, dibutuhkan pula suatu protokol. Suatu protokol adalah spesifikasi dari format data yang dikirimkan diantara alat komunikasi. Setelah standar bagi jaringan komunikasi berhasil dibuat dan protokol-protokol pemindahan data diterapkan, hasil-hasil teknologi informasi akan dapat disebarluaskan.
5.      Protokol untuk komunikasi komputer
-  System network architecture (SNA)
Protokol ini dirancanfuntuk komputer-komputer besar, bukan komputer mikro. SNA membutuhkan satu komputer induk utama yang mengumpulkan komputer-komputer lain yang terhubung oleh suatu jaringan dalam suatu urutan.
-  Token ring
Protokol peer to peer memungkinkan setiap komputer bertindak sebagai pengendali dirinya sendiri. IBM menamakan protokol peer to peer ini lingkaran tanda (token ring) karena satu tanda logis akan diedarkan diantara sesama komputer. Komputer yang memegang token adalah komputer yang diperbolehkan untuk mengendalikan komunikasi.
-  Ethernet
Ethernet adalah suatu protokol terbuka bagi komunikasi peer to peer. Standar ethernet bukanlah suatu hak milik dan saat ini diawasi oleh sebuah masyarakat profesional. Ethernet bekerja dari jalur transmisi tunggal.
6.      Paket
Paket data adalah satu bagian dari data total yang akan dikomunikasikan, digabungkan dengan alamat komputer yang dituju, komputer pengirim dan infromasi kendali lainnya. Salah satu protokol pengganti paket yang lebih penting adalah TCP/IP yang merupakan singkatan dari Transmission Control Protocol/Internet ProtocolTransmission Control Protocol menjalankan komunikasi melalui jaringan dia antara dua komputer. Internet Protocol menangani paket-paket sehingga mereka dapat dijalankan diantar komputer-komputer pada jaringan komunikasi.
7.      Alamat jaringan internet
Alamat jaringan internet adalah empat bagian kumpulan angka yang dipisahkan titik. Bagian-bagian alamat tersebut akan menunjukkan jaringan, host, subjaringan, dan komputer yang sedang dituju.
JENIS-JENIS JARINGAN
1.      Jaringan area lokal (local area networks)
-  Jaringan area lokal adalah sekelompok komputer dan alat-alat lain yang terkoneksi oleh satu media yang sama. Media ini beiasanya berupa kabel tembaga, namun dapat berupa nirkabelm serat optik, atau media media lainya.
-   Jaringan area Metropolitan dan jaringan area luas adalah satu jaringan yang memiliki batas jarak fisik sebesar kurang lebih 30 mil. Secara konsep MAN mungkin merupakan jaringan yang menghubungkan seluruh suite didalam satu gedung. Menghubungkan beberapa gedung dari sati organisasi bersama.
-  Jaringan area luas atau wide area network digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer dan alat-alat lainnya ketika jaraknya melebihi LAN dan MAN. Dengan koneksi internet yang meluas, minat akan WAN pun menurun. Untuk tujuan kepraktisan WAN digantikan internet
2.      Internet
-  Intranet
Intranet menggunkan protokol-protokol jaringan yang sama dengan internet namun membatasi akses ke sumber daya komputer hanya pada sekelompok orang terpilih didalam organisasi.
-  Ekstranet
Ekstranet merupakan internet yang diperluas untuk mencakup pengguna-pengguna diluar perusahaan. Hanya para pelanggan dan sekutu bisnis yang dipercaya saja mampu mendapatkan akses eksternet.
KESIMPULAN
       Peningkatan kekuatan komputer, interaksi antar pengguna dan komputer juga telah menjadi lebih intuitif. Peningkatan yang dialami oleh pilihan-pilihan input dan output memberikan para manajer berbagai kemungkinan melakukan interaksi komputer. Jika seseorang manajer dapat menggunakan sebuah icon untuk mewakili satu tindakan komputer, maka pengguna tidak harus dapat membaca bahasa yang sama atau bahkan dapat membaca sama sekali. Pilihan-pilihan baru telah membuat pengambilan keputusan yang dibantu oleh komputer menjadi lebih komprehensif.
        Komputer dapat bertindak sebagai sumber daya yang berdiri sendiri, namun kekuatan mereka sebagai alat bisnis mengalami peningkatan yang sangat besar ketika mereka berbagi data. Jaringan dimulai sebagai koneksi dari komputer kesatu terminal yang berbeda beberapa jarak dari komputer. Terminal tidak memiliki prosesor dan ruang penyimpanan. Pindahan data komputer ke komputer lainnya lebih sulit untuk dilakukan karena masing-masing komputer memiliki satu sistem operasi yang mengendalikan akses ke sumber-sumber dayanya sendiri.

1.    Jelaskan jika kedua komputer saling mngirimkan data pada waktu bersamaan akan terjadi crash jaringan!
Maksud dari kerusakan disini itu pada transmisinya saja saat pengiriman data, bukan pada data yang dikirimnha pada saat mengirimkan bersamaan, missal perusahaan x dan perusahaan y mengirim data penjualan pada waktu bersamaan, maka pada jaringan tersebut mengalami kerusakan atau crush dipertegahan pengiriman. Isi data disetiap data yang dikirm oleh perusahaan tidak terpengaruh kerusakan. File atau data tersebut akan tetap terkirim setelah jaringan tersebut tidak sibuk atau sudah pulih dalam mengirim. Ini terjadi pada 1 LAN saja disetiap perusahaan karena pada internet 1 LAN dalam mengirim data perusahaan tidak bisa bersamaan melainkan harus satu persatu seara bergantian.




Komentar

Postingan Populer